Selamat datang di GayaNgeblog

close
Assalaamu’alaikum Wr Wb

Gaya Ngeblog akan berbagi tata cara sholat Nisfu Sya’ban dan Fadilah Nisfu Sa’ban. Untuk Pelaksanaan Sholat Nisfu Sa’ban menjadi ikhtilafiyah (perbedaan pendapat), ada yang yang bilang “jangan dilaksanakan” karena itu bid’ah dengan alasan hadistnya lemah dan ada yang bilang “boleh dilaksanakan”dengan alasan karena hadist nya soheh.

Dikarenakan pro kontra pendapat (ikhtilafiyah) maka saya sempat menanyakan apa yang jadi dasar tidak boleh dilaksanakan sholat nisfu sya’ban? Dan apa yang jadi dasar dibolehkan sholat nisfu Sya’ban ? akan saya jelaskan setelah penjelasan tata cara sholat nisfu Sya’ban sebagai berikut

Amalan ibadah yang sering dilakukan pada malam nisfu Sya’ban adalah dilaksanakan setelah sholat magrib dengan membaca Al-quran Surat Yaasin 3x dan sholat tasbih 4 rakaat. Untuk pelaksanaannya dilakukan oleh masing masing tidak diberjamaahkan, ( setelah selesai pembacaan yaasin pertama dilanjutkan berdo’a minta ampunan, setelah pembacaan yaasin yang kedua dilanjutkan dengan berdo’a ditetapkan iman dan islam, setelah pembacaan yaasin yang ke tiga dilanjutkan dengan berdoa ditetapkan rizki yang halal dan barokah. Setelah selesai baca yaasin 3x dilanjutkan dengan dengan sholat tasbih). Untuk lebih lengkapnya sebagai berikut:

1 Sebelumnya Ustadz memberitahukan akan dilaksanakan ibadah pada malam nisfu Sya’ban di masjid, yang pelaksanaannya setelahnya sholat berjamaah magrib.
2 Setelah selesai berjamaah sholat magrib, sholat sunnah dan dzikir magrib, Ustadz menghadap ke jamaah dengan memberi arahan agar semua jamaah mengambil kitab Alquran.
3 Setelah masing masing jamaah megang kitab suci Alquran, kemudian Ustadz memberi tausiah keutamaan (Fadilah) malam Nisfu Sya’ban, memberi arahan cara niat dari setiap membaca yasin dan menjelaskan tata cara sholat tasbih.
4. Setelah selesai memberi tausiyah dan penjelasan, Ustadz memberi isyarah agar mulai membaca surat yasin.
5 Dari setiap selesai pembacaan Yasin Ustadz memimpin doa
6 Setelah selesai membaca Surah Yasin 3 x, kemudian berjamaah sholat Isya tidak lupa dengan sunnah dan dzikirnya.
7 Setelah berjamaah sholat Isya, sunnah isya dan dzikirnya dilanjutkan dengan sholat tasbih 4 rokaat yang dilaksnakan oleh masing.

Itulah Tata cara amalan dan ibadah menjelang malam nisfu Sya’ban yang dirangkum sesuai pengalaman GayaNgeblog. Untuk padilah malam nisfu Sya’ban, Tata Cara Sholat Tasbih, dan dasar hukum malam Nisfu Sya’ban akan dijelaskan di artikel Selanjutnya,
Terima kasih Salam GayaNgeblog
Wassalaamu’alaikum Wr Wb

Reaksi:

You Might Also Like:

Komentar anda sangat beguna untuk blog ini, silahkan tinggalkan komentar anda yang sesuai dengan artikel ini, gunakanlah isi komentar dengan yang baik dan bermanfaat, semua komentar yang tercantum akan ditinjau kembali
BUKA KOLOM KOMENTAR TUTUP KOMENTAR

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info